MENGENAL BANTUAN SOSIAL DARI PEMERINTAH

MENGENAL BANTUAN SOSIAL DARI PEMERINTAH



Media Center Desa Marga Mukti - Dana bantuan dari pemerintah pusat terus di gelontorkan, ini dimaksudkan agar roda perekonomian masyarakat tetap dapat berjalan di tengah-tengah pandemi yang melanda di masyarakat, terhitung dari pertengahan 2020 ada beberapa bantuan tambahan yang di kucurkan dari pemerintah pusat untuk masyarakat.

Kali ini kita akan bersama-sama mengenali jenis-jenis bantuan yang telah di keluarkan oleh pemerintah pusat.


1. Bantuan Langsung Tunai ( BLT )

Bantuan Langsung Tunai ( BLT )  muncul pada pertengahan tahun 2020, BLT di keluarekan atas kebijakan pemerintah pusat untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, Awalnya bantuan yang bersumber dari Dana Desa ( DD ) ini di keluarkan dengan besaran Rp.600.000,- untuk Tiga Bulan Pertama, dan selanjutnya sampai hari ini Besaran BLT DD yang di terima masyarakat sebesar Rp.300.000,- / Penerima Manfaat.

2. Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT )

Ada juga bantuan BPNT yang diberikan dalam bentuk bahan pangan setara dengan uang Rp 200 ribu. Penerima bantuan BPNT akan mendapatkan bahan pangan secara gratis hingga Desember 2021 mendatang.

Program BPNT difasilitasi dan berada di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos). Jika ingin mengetahui daftar penerima dapat langsung mengecek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

3. Bantuan Sosial Tunai ( BST )

Tak hanya BPNT, Kemensos juga menyelenggarakan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang akan kembali cair pada Juli 2021 mendatang. Penerima program bantuan tersebut yaitu masyarakat penerima manfaat yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Cara cek penerima BST bisa melalui cekbansos.kemensos.go.id.

4. Program Keluarga Harapan ( PKH )

Bansos PKH juga difasilitasi oleh Kemensos yang ditujukan untuk masyarakat rentan seperti ibu hamil, lansia, balita, pelajar hingga penyandang disabilitas.

Besaran yang diberikan setiap golongan pun berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat yaitu mulai dari Rp 900 ribu hingga Rp 3 juta per bulan.

Sama halnya dengan BNPT dan BST, kamu dapat mengecek daftar penerima di cekbansos.kemensos.go.id.

5. Banpres  Produktif untuk Usaha Mikro ( BPUM )

Pemerintah juga memberikan bantuan kepada masyarakat khusus untuk para UKM di Indonesia melalui program BLT UMKM/Banpres BPUM.

Program bantuan untuk UKM difasilitasi oleh Kemenkop UKM dengan sasaran penerima manfaat yaitu para pelaku usaha mikro yang terkena dampak pandemi covid-19.

Besaran BLT yang disalurkan kepada UKM yaitu sebesar Rp 1,2 juta. Bantuan tersebut diharapkan dapat dipergunakan dengan maksimal oleh para UKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Untuk mengetahui status penerima BLT, masyarakat dapat mengunjungi laman https://eform.bri.co.id/bpum yang sudah dibuka sejak 3 April 2021.

Melalui link tersebut, kamu dapat memasukkan nomor e-KTP (NIK) dengan mengisi kode verifikasi dan melanjutkan proses inquiry untuk mengetahui apakah kamu mendapat bantuan atau tidak.

Apabila tidak termasuk sebagai penerima BPUM di e-form BRI, kamu dapat melakukan pendaftaran dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi para pelaku UKM untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah sesuai dengan Peraturan Menkop UKM Nomor 2 Tahun 2021. Yaitu:

- Warga negara Indonesia.

- Memiliki KTP elektronik.

- Memiliki usaha yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya.

- Bukan ASN, anggota Polri/TNI, juga bukan karyawan BUMN/BUMD.

- Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

 

Dikutip dari berbagai sumber.

ditulis oleh Ahmad Arifin