BUMDes MARGA MUKTI SERAHKAN SHU, TIM AHLI " BUMDes Marga Mukti Dapat Menjadi Contoh dan Dampak Positif Bagi Desa Lain "

BUMDes MARGA MUKTI SERAHKAN SHU, TIM AHLI " BUMDes Marga Mukti Dapat Menjadi Contoh dan Dampak Positif Bagi Desa Lain "



Media center Desa Marga Mukti, Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Marga Mukti, Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Serahkan Sisa Hasil Usaha ( SHU ) Tahun Anggaran 2020 Kepada Pemerintah Desa Marga Mukti.


Penyerahan SHU BUMDes Marga Mukti di lakukan secara langsung oleh Marfungah,S.Sos selaku direktur BUMDes Marga Mukti Kepada Marwanto Selaku Kepala Desa Marga Mukti bergempat di Balai Pertemuan Desa Marga Mukti pada Selasa, 2 Maret 2021.


Pada Tahun Anggaran 2021 BUMDes Marga Mukti berhasil memberikan sebanyak Rp.14.400.000,- kepada Pemdes Marga Mukti yang nantinya akan masuk kedalam Kas Desa Sebagai Pendapatan Asli Desa ( PADes ).


Marwanto selaku kepala Desa Marga Mukti menyampaikan BUMDes Marga Mukti Memiliki Peran yang cukup besar bagi keberlangsungan Pembangunan Desa kedepan, ia mewanti-wanti bahwa jika Dana Desa ( DD ) sudah tidak lagi di berikan oleh pemerintah pusat maka satu-satunya harapan bagi Desa yang tidak memiliki PADes dari sumber lain hanyalah BUMDes.


" Tidak bosan saya sampaikan bahwa Peran BUMDes dalam pembangunan desa itu sangat penting, saya kembali mengingatkan seandainya Dana Desa ( DD ) sudah tidak lagi di berikan oleh pemerintah pusat maka satu-satunya harapan bagi Desa yang tidak memiliki PADes dari sumber lain hanyalah BUMDes " ucapnya.


Marwanto juga mengapresiasi kinerja BUMDes Marga Mukti yang setiap tahunnya memperlihatkan progres dan kemajuan yang cukup baik, sehingga PADes Marga Mukti Selalu Meningkat setiap Tahunnya.


" Saya juga memberikan Apresiasi yang sangat tinggi untuk BUMDes Marga Mukyi, Karena Setiap Tahunnya PADes kita selalu meningkat, yang awal berdirinya BUMDes kita Mendapatkan PADes hanya Rp.4.000.000,- Alhamdulillah tahun ini ini kita dapat Rp. 14.400.000,- tentunya ini Progres yang sangat Baik " imbuhnya di saat sambutan.


Pjs Camat Penarik Wijiyanto menyampaikan keberhasilan BUMDes tentunya tidak lepas dari kerjasama antar pihak-pihak terkait, Baik dari unsur Pemerintah Desa, BPD, Camat, Pendamping dan Masyarakat itu sendiri.(Red), ia juga menambahkan bahwa Marga Mukti sudah menunjukan kerjasama yang baik atas semua itu serta harapannya agar bisa lebih di tingkatkan Lagi di tahun-tahun kedepan.


" Tentunya Kerjasama antar Lembaga (Red) sangat di butuhkan untuk memajukan BUMDes, Dan marga Mukti kami menilai sudah Cukup Bagus dalam kerjasama ini, Harapannya kedepan makin di tingkatkan agar dapat Maksimal dalam mencapai Sumber PADes nya " ungkap wiji


sementara Tim Ahli Pemberdayaan Masyarakat ( TAPM ) kabupaten Mukomuko yang di wakili oleh Aswanto,S.Sos menyampaikan hal yang sama dengan Camat Penarik, Ia Berharap harapannya untuk Desa Marga Mukti dapat menjadi Contoh dan Dampak Positif Bagi Desa Lain dalam Pengelolaan BUMDes mengingat Laporan dari TIM Pendamping desa di kecamatan Penarik baru ada 2 Desa yang melaporkan PADes yaitu Marga Mukti dan Mekarmulya.


 " Seperti yang di sampaikan pak camat tentunya Kerjasama dan koordinasi sangat penting, harapan kami BUMDes Marga Mukti dapat menjadi Contoh dan Dampak Positif bagi desa lain yang ada di kecamatan penarik " imbuhnya singkat.


Dalam giat tersebut di hadiri oleh Seluruh Perangkat Des, BPD, Pengurus BUMDes, Pendamping Desa Marga Mukti, Serta Camat Penarik, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Mukomuko. MDC/aa

0 Comments: