TAHUN DEPAN PEMDES MARGA MUKTI GRATISKAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN

TAHUN DEPAN PEMDES MARGA MUKTI GRATISKAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN

 



Media Center Desa Marga Mukti-Kamis,15 Oktober 2020- Warga Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko mulai tahun depan (2021) akan di Gratiskan untuk Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ), kewajiban masyarakat tersebut rencananya akan di bayarkan oleh Pemerintah Desa Marga Mukti melalui Pendapatan Asli Desa ( PADes ) Marga Mukti, Seperti yang di sampaikan oleh Kepala Desa Marga Mukti Marwanto.


Marwanto menjelaskan bawa PADes Marga Mukti saat ini bersumber dari Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) dan BPS-PAM, dimana BUMDes Marga Mukti saat ini sudah memiliki tiga unit usaha yang berjalan di antaranya Toko Bangunan, Persewaan Tenda, dan Depot Isi ulang air mineral serta di tambahkan oleh BPS-PAM Marga Mukti di taksir PADes Marga Mukti Pada tahun 2020 ini akan mencapai 20 juta an, Marwanto berprinsip bahwa marwanto Masyarakat perlu juga untuk menikmati hasil PADes ini, hal ini tertuang setelah hasil musyawarah Internal Pemdes.


Pembebasan PBB ini nantinya hanya berlaku untuk masyarakat Desa Marga Mukti saja yang memiliki aset di desa, sementara untuk Masyarakat Desa Lain yang memiliki Aset di desa marga Mukti akan tetap di kenakan PBB sesuai yang berlaku.


" Ya rencananya tahun depan pemdes akan menggratiskan PBB bagi masyarakat yang nantinya akan kita talangi dari dana PADes 2020 yang bersumber dari BUMDes dan BPS-PAM, saya ingin masyarakat juga ikut merasakan hasil PADes ini, tentunya ini hanya untuk masyarakat kita saja, kalau masyarakat dari desa lain yang memiliki aset di desa kita akan tetap di kenakan PBB sesuai yang berlaku. Ujarnya.


Kemudian Marwanto menambahkan bahwa Desa Marga Mukti tidak memiliki aset yang dapat menghasilkan PADes untuk itu Pemerintah Desa di tuntut untuk terus kreatif dan berinofasi agar dapat menghasilkan PADes sendiri, dan sejak 2 tahun lalu usaha yang di kembangkan oleh Pemdes mulai dapat terlihat hasilnya, dan Marwanto berprinsip sekecil apapun Masyarakat Harus menikmati PADes.


" Kita tau mas, kalau marga Mukti itu tidak memiliki aset yang bisa jadi sumber PADes, makanya inofasi dan kreatifitas Pemdes yang harus di kembangkan, Alhamdulillah Dengan BUMDes sejak 2 tahun lalu kita dapat menghasilkan PADes sendiri, dan saya ingin masyarakat juga bisa menikmati walau kecil " imbuhnya.


Dalam satu tahun Masyarakat Desa Marga Mukti mengeluarkan setidaknya 7 juta rupiah untuk pembayaran PBB, dan nantinya nominal tersebut akan di talangi oleh Pemdes melalui PADes sementara untuk sisanya akan di pergunakan untuk kebutuhan lain. *MDC/aa*

0 Comments: