PEMDES MARGA MUKTI ADAKAN MUSDES " BPD : Usulan Sudah Di Verivikasi Oleh TIM "

PEMDES MARGA MUKTI ADAKAN MUSDES " BPD : Usulan Sudah Di Verivikasi Oleh TIM "

 



Media Center Desa Marga Mukti - Jumat,25 September 2020 - Bertempat di balai Pertemuan Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Diadakan Musyawarah Desa ( MUSDes ) Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKPDes ) Tahun Anggaran 2021. 


Dalam Kegiatan ini diikuti oleh Pemerintah Desa dan staf, anggota BPD, Lembaga Desa, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tim Penggerak PKK, Pengurus BUMDes, Pengurus BPS-PAM, dan sebagai undangan adalah Camat Kecamatan Penarik, Babinsa, dan Bhabinkabtibmas Desa Marga Mukti. .


Kepala Desa Marga Mukti Marwanto Dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini di laksanakan untuk pencermatan Hasil Usulan Masyarakat, di mana seluruh usulan masyarakat di sampaikan pada giat ini dan di cermati. 


" Ya untuk kegiatan ini merupakan rangkaian dari hasil usulan masyarakat desa dan Kelembagaan yang telah di sampaikan ke BPD, selanjutnya kita lakukan Pencermatan di sini baru kita tetapkan " ungkapnya


Lanjut Kepala Desa Marga Mukti Marwanto menyampaikan juga kepada Masyarakat bahwa dalam usulan tidak semua dapat terealisasi, itu tergantung dengan anggaran yang di berikan oleh Pusat, sementara untuk acuan adalah pagu anggaran tahun berjalan.


" Ya tentunya untuk usulan sudah di sampaikan oleh BPD dan semua itu kita tidak bisa menjamin untuk dapat terrealisas semua, Karena ini tergantung dengan Pagu Anggaran yang turun di tahun 2021, jadi intinya kalau ada yang belum Terrealisasi jadi harap bersabar " . Ujarnya dalam sambutan.


Ketua BPD Desa Margamukti dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada Musdes ini ada agenda yang dilaksanakan, yaitu pencermatan RKPDes tahun 2021, dan sudah di cek oleh Tim Verifikasi dan Kesepakatan RKTL tahun 2021.


" Jadi dalam.kegiatan ini kita melakukan pencermatan RKPDes tahun 2021 terus sudah di lakukan verifikasi terhadap usulan masyarakat dan lembaga oleh tim " ungkapnya.


Sementara Camat Penarik Yang di wakili oleh Kasi Pemberdayaan Pemerintahan Desa Bpk. Wiji menyampaikan bahwa proses ini sudah melalui tahapan panjang dan beliau juga menyampaikan fokus Dana Desa pada tahun 2021 untuk pemberdayaan.


" Jadi perlu di ketahui untuk seluruh masyarakat bahwa kegiatan penetapan RKPDes ini sudah melalui tahapan panjang yaitu dari mulai musyawarah dusun yang kemudian di masukkan di RPJMDes lalu masuk tahapan-tahapan sampai pada akhirnya kita penetapan ini " ujarnya saat sambutan.


Wiji juga menambahkan bahwa pada masa Pandemi Covid-19 ini program prioritas desa adalah Pemberdayaan, perekonomian, pengentasan Kemiskinan, lingkungan dan ketahanan pangan, sesuai dengan peraturan Kemendes nomor 13 Tahun 2020.


" Jadi untuk tahun 2020 ini sesuai dengan peraturan Kemendes nomor 13 Tahun 2020, jadi program prioritas di desa adalah Pemberdayaan, perekonomian, pengentasan Kemiskinan, lingkungan dan ketahanan pangan, jadi untuk Pembangunan di kurangi ". Tutupnya. *MDC/aa*

0 Comments: