DARI BUDI DAYA IKAN LELE "MAIMAN" BISA UNTUNG 4-6 JUTA SEKALI PANEN.

DARI BUDI DAYA IKAN LELE "MAIMAN" BISA UNTUNG 4-6 JUTA SEKALI PANEN.

Memanen Ikan

Media Center Marga Mukti, Salah satu produk unggulan di Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko adalah Ikan Air Tawar Seperti yang selalu di gadang gadang oleh Kepala Desa Marga Mukti Marwanto, salah satu di antara ikan air tawar yang menjadi unggulan adalah jenis Ikan Lele untuk Konsumsi, di Marga Mukti Sendiri setidaknya ada 20 pembudidaya ikan airtawar dengan jumlah sekitar 50 Petak Kolam, yang salah satu di antaranya adalah Maiman.


Maiman Memiliki setidaknya 4 Petak Kolam Ikan yang di isi berbagai jenis di antaranya Ikan Lele Konsumsi dan Ikan Nila, Beberapa Waktu Lalu Tim Media Center Desa Marga Mukti Berkesempatan untuk ikut melihat Proses panen Ikan Lele konsumsi di kolam ikan miliknya.


Pada kesempatan itu Maiman membongkar 1 petak kolam ikan yang Berisi 10.000 bibit ikan lele, yang mana dalam tersebut  Maiman dapat menghasilkan 1 ton ikan air tawar jenis ikan lele siap konsumsi.


" Ada 1 kolam yang kita panen hari ini, isinya 10.000 bibit waktu pertama kali nyebar, alhamdulillah hari ini panen kita dapat 1 ton lebih " ujarnya di sela-sela istirahat panen ikan.


Saat di tanya prihal pendapatan yang di peroleh setiap kali panen, Maman menjelaskan bahwa ikan lele dapat di panen di usia 55 Hari setelah Masa Pembesaran, sementara itu jika pendapatan setelah di potong biaya pakan dan Bibit dalam sekali panen Maiman dapat menghasilkan Laba berkisar 4-6 juta jika tidak ada kendala dan harga pasar masih bagus.


" Ya kalau penghasilan kan di sini ada biaya Pakan sama Bibit, jadi Kalau 10.000 Bibit itu pakan bisa habis 31 Sak sementara Bibit bisa di harga 2 juta untuk 10.000 bibit ikan, ya kalau bersihnya sekali panen sekitar 4-6 Juta lah, kalau harga Bagus dan gak ada kendala " Ujarnya.


Kembalia di tanya mengenai kendala Maiman menyampaikan Kendala dalam melakukan Budidaya Ikan Lele itu jika ikan terserang penyakit, dan Banjir.


" Ya kalau Kendala yang selama ini di hadapi si biasanya ikan itu penyakitan, jadi kalok ikan lele satu kena penyakit maka akan merembet ke ikan yang lain, sementara kendala satu lagi itu kalau curah hujan tinggi terus kena banjir, itu aja si " imbuhnya. *Mdc/aa*

0 Comments: