MUSYAWARAH PENENTUAN CALON PENERIMA BLT DESA MARGA MUKTI, Kades " Jangan Sampai Salah Sasaran "

MUSYAWARAH PENENTUAN CALON PENERIMA BLT DESA MARGA MUKTI, Kades " Jangan Sampai Salah Sasaran "



Marga Mukti - Menindaklanjuti arahan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pemerintah Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabuoaten Mukomuko, mengadakan Musyawarah Desa Khusus Validasi, Finalisasi dan Penetapan calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa. (05/05/2020).

Musyawarah tersebut langsung di pimpin oleh Marwanto Selaku Kepala Desa, Adapun yang hadir di acara tersebut adalah Perwakilan Kantor Kecamatan Penarik, Babinsa, Pendamping Desa, BPD, Prangkat Desa, Kepala Dusun, dan Tokoh Masyarakat Desa Marga Mukti.

Dalam sambutannya Marwanto mengarahkan agar bantuan BLT Dana Desa tersebut bisa sampai kepada Warga yang benar-benar masuk kriteria serta tidak ada pendistribusian batuan yang salah sasaran. Ia juga menerangkan bahwa BLT Dana Desa diberikan kepada warga miskin yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja.

Menurutnya, BLT Dana Desa diberikan dalam rangka untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat COVID-19. Nominal BLT berupa uang tidak dapat dijadikan sembako sejumlah Rp 600.000.

Dalam kesempatan tersebut juga diumumkan daftar calon penerima bantuan dan apabila warga yang di sebutkan namanya itu tidak layak maka akan di hapus dari daftar calon penerima dan akan di gantikan oleh warga yang benar-benar layak menerima.

Masih menurut Kepala Desa, bahwa daftar nama calon penerima bantuan langsung tunai dana desa tersebut adalah hasil pendataan yang selektif sesuai peraturan Kemendes serta hasil pendataan bersama di lapangan yang di laksanakan bersama-sama oleh Tim Gugus Tugas Covid 19 Desa Marga Mukti. Tukasnya.

Sementara Itu Yulis Astuti Selaku sekretaris BPD Membacakan Nama Nama Calon Penerima BLT, yulis juga menenrangkan bahwa data awal sebelum terverivikasi ada 79 KK Usulan, Sementara untuk jumlah yang memenuhi syarat ada 51 KK, Sementara itu yang tidak memenuhi syarat ada berbagai faktor.

" Yang tidak memenuhi Syarat Itu ada yang sudah masuk data Bantuan dari Kemensos melalui dinas sosial kabupatem, ada juga yang sudah terdata di PKH / Rastra " ungkapnya. (mdc/aa)

0 Comments: